Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di SMPN 4 Batang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hasliyah, Ela (2019) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di SMPN 4 Batang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah suatu mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk disampaikan sebagai usaha/kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan yang diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran agama Islam oleh peserta didik, agar kelak dapat membentuk kesalehan atau kualitas pribadi, juga sekaligus dapat membentuk kesalehan sosial sesuai dengan ajaran agama Islam yang tersusun secara sistematis dalam ilmu-ilmu keislaman. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam hal meningkatkan kualitas yang baik atau mulia, maka secara langsung maupun tidak akan dapat meningkatkan pula kualitas perilaku dalam rangka mencetak manusia beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah, serta dapat menjadi tauladan dan pemimpin masa depan bagi bangsa, negara, dan agama. Pembinaan akhlak menjadi prioritas utama karena harapan terbesar bertumpu pada siswa sebagai penerus generasi bangsa yang Islami. Dengan demikian, maka dalam rangka menyelamatkan dan memperkokoh aqidah Islamiyah siswa SMP, pembinaan akhlak harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Sehingga di kemudian hari akhlakul siswa benar-benar dapat diaplikasikan di dalam masyarakat, keluarga, serta dilingkungan SMP itu sendiri. Dari hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitiandi SMPN 4 batang. Adapun perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana perilaku siswa SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ?. 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas siswa di SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ? Setelah penulis melakukan penelitian di SMPN 4 Batang, maka hasilnya adalah: 1) Perilaku siswa di SMPN 4 Batang baik, hal ini ditunjukkan dengan kektifan siswa-siswinya dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah. Mereka selalu mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah, melaksanakan kegaiatan di sekolah, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan yang lainnya. 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas Siswa SMPN 4 Batang adalah dengan cara pendekatan personal, pembiasaan yang baik, memberikan teladan, hafalan surat pendek sebagai prasyarat dan penyampaian hikmah. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas Siswa di SMPN 4 Batang dengan cara membaca do’a (do’a bersama sebelum pelajaran dimulai), membaca Asma’ul Husna, baca Al-Qur’an pada pagi hari, shalat Dhuha berjama’ah, shalat Dhuhur berjama’ah, pembinaan saat upacara bendera.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:56
Last Modified: 09 Aug 2021 04:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item