Suprananti, Gina (2019) Pengaruh Komunikasi Edukatif Antara Guru PAI Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Jika seorang guru mampu membangun komunikasi edukatif secara baik kepada para siswanya, tujuan pembelajaran akan tercapai.Keberadaan motivasi dalam proses belajar merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek belajar dan pembelajaran. guru-guru yang memiliki motivasi akan merasa bahwa mereka dapat membantu siswa-siswanya belajar, meluangkan waktu untuk membuat perencanaan mengajar, dan bekerja sama dengan siswanya untukmencapai tujuan belajar dan penguasaan materi. maka dari itu proses komunikasi edukatif yang dilakukan oleh guru dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)bagaimana komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Negri 9 Pekalongan ?(2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan ? (3) adakah pengaruh komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan ?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Negri 9 Pekalongan(2)Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yang diperoleh dengan menggunakan tabel distribusi frekeunsi dan bantuan program SPSS Ver.21. Berdasarkan hasil penelitian ini Komunikasi Edukatif ini masuk dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari deskriptif prosentase hasil angket sebanyak 80,72%. Motivasi belajar siswa masuk dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil angket sebanyak 80,54%. Hasil analisis pengaruh komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh sebesar 18,5% antara pengaruh komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 2,005, maka ttes=3,644>ttabel = 2,005,sehingga Ha diterima H0ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Komunikasi Edukatif dan Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education/Psikologi Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School/Sekolah Menengah Pertama, SMP |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nora Septiani | ||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2021 08:07 | ||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2275 |
Actions (login required)
View Item |