Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMPN 9 Kota Pekalongan

Sari, Novi Ratna (2019) Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMPN 9 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Sekolahmerupakanlembagapendidikan formal yang secarasistematismelakukan program bimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa untuk mengembangkan potensinya. Kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah merupakan salah satu upaya untuk melatih kedisiplinan siswa. Disiplin dapat diartikan sebagai suatu keadaan tertib dimana guru dan anak didik yang tergabung tunduk pada tata tertib yang telah ditentukan dengan senang hati. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana gambaran kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan? (2) Apakahterdapatpengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan?.Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Adapun variabel independennya adalah Kepatuhan Melaksanakan Tata Tertib, variabel dependennya adalah Kedisiplinan Siswa. Jumlahsampeldalampenelitianiniadalah68 siswa, jumlahsampelmenggunakanrumusslovindenganteknikproportionate stratified random sampling. Metodepengumpulan data yang digunakanmetodeangket, observasi dandokumentasi. Analisis data denganmenggunakanrumusanalisisregresi linear sederhana Berdasarkanhasilpenelitianini, kepatuhan melaksanakan tata tertib SMPN 9 Kota Pekalongan masuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 77,87%. Kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan masuk dalam kategori baik, hal ini terlihat dari deskriptif presentase hasil angket sebanyak 75,42%. Hasil analisis pengaruh kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh sebesar 7,3% antara kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 1,996 maka ttes = 2,501> ttabel = 1,996, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 2,652 maka ttes = 2,501< ttabel = 2,652, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepatuhan melaksanakan tata tertib terhadap kedisiplinan siswa SMPN 9 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepatuhan Melaksanakan Tata TertibdanKedisiplinan Siswa
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.5 School Discipline/Disiplin Sekolah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School/Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:33
Last Modified: 10 Aug 2021 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item