Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna Dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Rahman, Muhammad Arif (2019) Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna Dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Akhlak merupakan bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Sebagaimana di MA Dr Ibnu Mas’ud, pembinaan akhlak terhadap siswa-siswi sangat diperhatikan. Hal ini terlihat dengan adanya pembiasaan zikir asma’ul husna yang dilakukan setiap hari. Kemudian bagaimana asma’ul husna tersebut ketika dibaca dan dihayati oleh seorang siswa maka memberikan manfaat pada pembentukan dan penguatan iman, takwa, dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, peneliti tertarik meneliti dengan judul “Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa di MA Dr. IbnuMas’udWiradesa Kabupaten Pekalongan.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa di MA Dr Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan? (2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna dalam Membina Akhlaqul Karimah siswa di MA Dr Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi Pembiasaan Zikir Asma’ul Husna dalam Membina Akhlaqul Karimah siswa di MA Dr Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasinya yaitu pertama penerapan meliputi (1) Latar bekang munculnya pembiasaan zikir asma’ul husna (2) Upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt (3) Keterkaitan antara pembiasaan zikir asma’ul husna dengan misi MA Dr Ibnu Mas’ud Wiardesa. Pelaksanaan meliputi (1) Teknik pelaksanaan zikir asma’ul husna (2) Keterlibatan guru kelas, guru bk, dan bidang kerohanian. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu mengunakan teguran dan nasehat. Kedua, adapun faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembiasaan zikir asma’ul husna dalam membina akhlaqul karimah siswadi MA Dr Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Faktor pendukungnya adalah adanya kerterlibatan guru kelas, guru BK, bidang kerohanian/ guru piket dan antusias/ partispasi siswa yang tinggi. Faktor penghambat nya adalah kepribadian siswa yang menganggap remeh pembiasaan asmaul husna, didikan keluarga yang tidak mencerminkan akhlakul karimah dan pengaruh teman yang tidak berakhlakul karimah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembiasaan, Zikir asma’ul husna, akhlaqul karimah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.1 Akhlak, Akhlaq
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370.114 Ethical Education/Etika Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:14
Last Modified: 10 Aug 2021 07:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item