Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Peserta Didik Di Smk Dwija Praja Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan

Innany, Aida (2018) Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Peserta Didik Di Smk Dwija Praja Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa PAI di sekolah sangat penting untuk penyempurnaan dan pembinaan pertumbuhan kepribadian peserta didik karena PAI tidak hanya fokus pada materi saja tetapi juga ditekankan untuk dipraktekan dalam keseharian peserta didik. Tingkah laku yang dimunculkan oleh masing-masing peserta didik sangatlah beragam ada yang baik adapula yang buruk. ada siswa yang memiliki prestasi xddddddddd-=mata pelajaran PAInya baik dan akhlaknya juga baik, namun ada juga peserta didik yang nilai PAInya kurang baik tetapi akhlaknya baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana prestasi belajar PAI peserta didik di SMK Dwija Praja Pekalongan, (2) Bagaimana akhlak peserta didik di SMK Dwija Praja Pekalongan, (3) Apakah ada korelasi antara prestasi belajar PAI dengan akhlak peserta didik di SMK Dwja Praja Pekalongan. Adapun tujuan yang ingin dicapai (1) Mengetahui prestasi belajar PAI peserta didik SMK Dwija Praja Pekalongan, (2) Untuk mengetahui akhlak peserta didik SMK Dwija Praja Pekalongan, (3) Mengetahui apakah ada korelasi antara prestasi belajar PAI dengan akhlak Peserta didik SMK Dwija Praja Pekalongan.Penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan di bidang pendidikan khususnya yang berkaitan dengan prestasi belajar mata PAI dan akhlak. Penelitian inimerupakanjenispenelitianlapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu menekankananalisisnyapada data-data numeral/angkadenganmetodesistematika. Peniliti mengambil sampel kelas X sebanyak 34 peserta didik menggunakan sistem startified random sampling.Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakanProduct Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai prestasi belajar pendidikan agama Islam SMK Dwija Praja Pekalonganadalah 77,8 nilai tersebut berada pada interval 77 masuk kategoriKurang Baik. Akhlaknya dengan menyebar angket adalah 83,2 pada interval 90 – 94 masuk kategoriIstimewa.Prestasi belajar PAI mempunyai korelasiSedang terhadap akhlak peserta didik di SMK Dwija Praja Pekalongan. Hal ini ditujukkan dari hasil uji korelasi, dimana nilai (rxy) = 0,6 pada tabel patokan interprestasi nilai r terletak pada interval 0,41– 0,70. Pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,33 karena nilai rxy = 0,6 maka berarti rxy≥ rt selanjutnya pada tingkat kesalahan 1% rt = 0,29 nilai rxy = 0,6 maka berarti rxy≥ rtmaka dapat disimpulkan antara prestasi belajar PAI memiliki korelasi yang signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMK Dwija Praja Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar pendidikan agama Islam dan akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:14
Last Modified: 19 Aug 2022 02:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item