Khusnafiyah, Khusnafiyah (2012) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng kecamatan Talun kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (10MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : bagaimana perhatian orang tua siswa SDN 02 Krompeng? Bagaimana prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng? Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian orang tua siswa SDN 02 dan prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng serta untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng. Metode penelitian meliputi desain penelitian, dimana penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan penelitiannya sdalah penelitian lapangan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SDN 02 Krompeng yang berjumlah 30 siswa. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interviewe, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis dat, digunakan teknik analisis statistik, dimana menggunakan rumus korelasi product moment. Dari penelitian yang dilakukan penulis bahwasanya data angket tentang perhatian orang tua siswa SDN 02 Krompeng menunjukkan skor rata-rata 67,07, skor rata-rata ini terletak pada interval rata-rata skor 60-80, yang artinya pendidikan orang tua siswa SDN 02 Krompeng adalah cukup baik. Prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng menunjukkan nilai rata-rata 65,93, nilai rata-rata ini terletak pada interval rata-rata nilai 60-69, yang artinya bahwa prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng adalah baik. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perhatian orang tua siswa mempunyai korelasi positif terhadap prestasi belajar siswa SDN 02 Krompeng. Hal ini terbukti pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,374, sementara [rxy] = 0,512. Dengan demikian [rxy]>rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% rt = 0,478, sementara [rxy] = 0,512. Dengan demikian [rxy]>rt berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti baik pada tingkat kesalahan 5% maupun 1% membuktikan bahwa [rxy]>rb dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah diadakan pengujian hipotesis yang penulis ajukan, Ha diterima dan Ho ditolak, baik pada tingkat kesalhan 5% maupun 1%. Artinya semakin tinggi perhatian orang tua siswa maka prestasi belajar siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pendidikan orang tua, prestasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:15 | ||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2349 |
Actions (login required)
View Item |