Studi Komparasi prestasi belajar mata pelajaran PAI antara siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa di SMP Al-Irsyad Al-islamiyyah Kota Pekalongan.

Saifullah, Muhammad (2019) Studi Komparasi prestasi belajar mata pelajaran PAI antara siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa di SMP Al-Irsyad Al-islamiyyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di dalam lingkungan sekolah para peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda-beda. hal ini seperti di SMP Al Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan yang terdapat berbagai Etnis, yang memang Etnis di Indonesia memiliki keanekaragaman yang diakui, diantaranya adalah Jawa dan Arab, meskipun ada perbedaan namun keduanya memiliki persamaan yaitu menjaga kerukunan, persatuan dan juga sama-sama mempunyai kewajiban dalam berprestasi sehingga dituntut untuk berproses dalam rangka menuntut ilmu dan melakukan kepada perubahan yang lebih baik apapun latarbelakangnya. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar PAI siswa etnis arab di SMP Akl-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, bagaimana prestasi siswa etnis jawa di SMP AL-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan serta bagaimana perbandingan atau komparasi prestasi belajar siswa etnis arab dan siswa etnis jawa di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, hal ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Arab, Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Jawa dan Untuk mengetahui bagaimana komparasi / perbandingan pretasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Arab dan Siswa Etnis Jawa di SMP Al- Irsyad Al- Islamiyyah Kota Pekalongan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Dengan terjun langsung ke lapangan, peneliti menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan hasil belajar siswa etnis Arab dan hasil belajar siswa etnis jawa dari rapor sebagai prestasi belajar PAI siswa, Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu studi komparasi (t-test) yang membandingkan hasil belajar siswa etnis Arab dengan hasil belajar siswa etnis Jawa di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Kota Pekalongan dengan mengambil sampel kelas VIII. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis inferensial, pengujian penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI siswa etnis Arab dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 70,5 dan berada dalam interval 70-78, prestasi belajar PAI siswa etnis Jawa juga dapat dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 67,1 dan berada dalam interval 64- 75, keduanya tidak dapat perbedaan yang signifikan, prestasi belajar PAI siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa ditunjukkan oleh stastistik dengan rumus “t” tes Pada taraf signifikan 5% diperoleh t_t= 2,01290 sedangkan hasil to = 1,7234. Berarti t_0 < tt , Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perdedaan yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran PAI antara siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa di SMP AL-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan. Pada taraf signifikan 1 % diperoleh t_t= 2,68701 sedangkan hasil to = 1,7234. Berarti t_0 < t_t, Sehingga dapat di tarik kesimpulan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa di SMP Al-Irsyad Al- Islamiyyah Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komparasi dan Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 22 Apr 2020 05:03
Last Modified: 22 Apr 2020 05:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item