Wulandari, Ambar (2024) Analisis Motivasi Belajar Siswa Kurang Mampu Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIn K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada motivasi belajar siswa kurang mampu penerima beasiswa Program Indonesia Pintar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Pekalongan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa tersebut, baik dari aspek internal dan eksternal. Kedua faktor berperan penting dalam memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi siswa untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana motivasi belajar siswa kurang mampu penerima beasiswa Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 2 Pekalongan? Apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kurang mampu penerima beasiswa program Indonesia pintar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data didapatkan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tenaga administrasi, dan siswa kelas XI penerima beasiswa Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 2 Pekalongan yang terdiri dari 8 siswa dengan 4 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa kurang mampu penerima beasiswa Program Indonesia Pintar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Pekalongan bahwa siswa memiliki motivasi belajar untuk meraih kesuksesan dalam belajar. Siswa melihat belajar sebagai kebutuhan, bukan beban, dan terdorong untuk mencapai cita-cita demi masa depan mereka. Pemberian penghargaan atau pengakuan dari orang tua, guru, dan teman dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, suasana belajar yang nyaman membantu siswa tetap fokus dan semangat. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kurang mampu penerima beasiswa program Indonesia pintar untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal, seperti keinginan untuk mencapai prestasi akademik, minat terhadap pelajaran, dan persepsi terhadap manfaat pendidikan tinggi. Selanjutnya faktor eksternal, seperti kondisi ekonomi keluarga, dukungan orang tua, pengaruh teman sebaya, adanya role model dan program bimbingan karir dengan guru bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Siswa, Beasiswa Program Indonesia Pintar, Melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:23 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2692 |
Actions (login required)
View Item |