Pengaruh Cyberreligiondan pemahaman nilai agama islam dalam memaknai hijrah di SMA N 1 Pekalongan

Labib, Muhammad (2021) Pengaruh Cyberreligiondan pemahaman nilai agama islam dalam memaknai hijrah di SMA N 1 Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hipotesis bahwa pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan ditentukan oleh aktivitas cyberreligion serta pemahaman nilai agama Islam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cyberreligion terhadap pemaknaan hijrah, pengaruh pemahaman nilai agama Islam terhadap pemaknaan hijrah, dan pengaruh aktivitas cyberreligion dan pemahaman nilai agama Islam secara bersama-sama terhadap pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Responden adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan sebanyak 168 orang dengan menggunakan metode simple random sampling. Tipe penelitian ini adalah penelitian asosiatif, karena penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumen sekolah. Analisis data menggunakan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1). Aktivitas cyberreligion berpengaruh signifikan terhadap pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan, 2). Pemahaman nilai agama Islam berpengaruh signifikan terhadap pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan, 3). Aktivitas cyberreligion dan pemahaman nilai agama Islam secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan. Berdasarkan analisis determinan menunjukkan variabel aktivitas cyberreligion dan pemahaman nilai agama Islam mampu menjelaskan variabel pemaknaan hijrah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan sebesar 0,259 ( = 0,259). Sedangkan sisanya sebesar 0,741 dipengaruhi oleh variabel lain, diluar variabel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas cyberreligion lebih dominan memengaruhi pemaknaan hijrah dari pada variabel pemahaman nilai agama Islam. Hal ini terbukti dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel aktivitas cyberreligion sebesar 6,702, sedangkan pemahaman nilai agama Islam sebesar 2,652.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKanafi, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: cyberreligion, pemahaman, nilai agama Islam, hijrah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:45
Last Modified: 31 Jan 2023 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item