Muntaqo, Rotib (2021) Manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligences di kelas vi MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (47MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (49MB) |
Abstract
Penelitian berawal dari kondisi pembelajaran saat ini, guru dihadapkan berbagai potensi kecerdasan anak didik yang harus terakomodasi dalam kegiatan pembelajaran. Problematika tersebut menjadikan konsep multiple intelligences menjadi relevan ketika diterapkan dalam pembelajaran, dalam praktiknya pembelajaran berbasis multiple intelligences akan berjalan baik apabila didukung manajemen pembelajaran yang baik, sehingga melalui manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligences diharapkan menjadi solusi problematika tersebut. Berdaasarkan latar belakang di atas, rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences di kelas VI MI Walisongo Kranji 01?, 2) Bagaimana pengorganisasiannya? 3) Bagaimana penggerakannya? dan 4) Bagaimana Evaluasinya ? tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di MI Walisongo Kranji 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer berupa pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis multiple intelligences di kelas VI MI Walisongo Kranji 01. Sumber data sekunder berupa teori teori yang relevan dengan penelitian ini. Data di peroleh melelui metode observas wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berkelanjutan dan bisa dikembangkan. Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran berbasis multiple intelligences di MI Walisongo Kranji 01 diawali dengan identifikasi karakter dan potensi kecerdasan anak didik melalui MIA (Multiple intelligences Approach) melalui tes masuk pendaftaran serta melalui observasi guru saat pembelajaran. Hasil identifikasi dan observasi tersebut dijadikan acuan dalam menyusun rencana pembelajaran. (2), Penggerakan pembelajaran berbasis multiple intelligences di kelas VI MI Walisongo Kranji 01 berorientasi pada berbagai anak didik kemudian disesuaikan dengan model pembelajaran yang sesuai. (3) Penggerakan pembelajaran berbasis multiple intelligences di kelas VI MI Walisongo Kranji 01 berorientasi pada gaya belajar anak didik yang disesuaikan teori MI Howard Gardner yakni terbagi dalam delapan kecenderungan potensi kecerdasan anak didik. (4) evaluasi pembelajaran di MI Walisongo Kranji 01 mengacu pada kemampuan anak dalam memahami materi bukan seberapa bisa anak didik mengerjakan soal sukar. Pada kegiatan evaluasi guru dituntut untuk mengevaluasi seberapa jauh kemampuan anak didik dalam berbagai aspek bukan memaksakan standar evaluasi guru kepada anak didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran, Multiple Intelligences | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2023 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2756 |
Actions (login required)
View Item |