Peran manajemen pendidikan pondok pesantren Internasional Muhammadiyah Boarding School Pekajangan Pekalongan dalam pengelolaan pendidikan

Maghdalena, Farah Lea (2022) Peran manajemen pendidikan pondok pesantren Internasional Muhammadiyah Boarding School Pekajangan Pekalongan dalam pengelolaan pendidikan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan membutuhkan manajemen yang tertata baik dari segi kurikulum, sumber dana, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan sebagainya. Dengan berbasis keilmuan yang kuat disertai dengan kemampuan manajerial yang baik diberbagai sektor, maka pesantren dapat menyikapi perubahan zaman dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran manajemen pendidikan pondok pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan dalam pengelolaan pendidikan. Serta memiliki kegunaan untuk berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian dan pihak peneliti itu sendiri. Penelitian difokuskan pada: (1) Implementasi manajemen pendidikan di pondok pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan, (2) Strategi Mudir dalam mengimplementasikan manajemen pendidikan di pondok pesantren (3) hasil dan kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan manajemen pendidikan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi analitik yang berusaha untuk mengungkap fakta dan fenomena secara detail dan menyeluruh. Dalam penelitian ini peneliti berfungsi sebagai instrumen utama dalam pengambilan data. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pengelola pondok pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi langsung, dokumentasi. Keabsahan data didapat dengan triangulasi, observasi yang berkesinambungan dan mengecek kembali data yang ada. Peneliti menggunakan metode analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Implementasi manajemen pendidikan pondok pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan dengan system modern diterapkan dalam planning, organizing, actuating dan cotrolling (2) Strategi yang dilakukan Mudir dalam mengimplementasikan manajemen pendidikan pondok pesantren dengan open manajemen, teladan uswah hasanah, dilandasi sesuai panca jiwa pondok, motto dan falsafah serta melakukan pendekatan manusiawi, idealisme dan program (3) Pondok pesantren IMBS Miftahul Ulum Pekajangan mempunyai perencanaan yang jelas hal tersebut terbukti dengan adanya visi, misi dan arah tujuan pendidikan serta program program pendidikan yang ada, dengan nilai-nilai dan falsafah pendidikan dan pengajaran yang jelas sesuai dengan pendidikan Islam serta tenaga pendidik yang mumpuni dan sarana yang cukup memadai pun masih ada beberapa faktor yang menghambatnya yaitu kuantitas sumber daya guru yang masih kurang serta komunikasi antar personil yang ada belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Manajemen pendidikan, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item