Implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SD Alam Ma’had Kota Pekalongan

Farid, Miftah (2022) Implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SD Alam Ma’had Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu alat untuk mengukur suatu keberhasilan suatu proses pembelajaran baik dari perencanaan, pelaksanaan maupun hasilnya. Penelitian ini difokuskan dalam mengkaji bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, factor apa yang menjadi pendorong dan penghambatnya serta implikasi dari implementasi evaluasi tersebut. Hal ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa evaluasi merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran, di mana banyak sekolah yang masih kurang optimal dalam melaksanakan evaluasi sehingga tidak menutup kemungkinan tujuan dari pendidikan banyak yang gagal. Evaluasi dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan suatu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, menganalisa implikasi dari implementasi evaluasi pada maple tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data dengan wawancara,observasi dan dokumentasi terhadap nara sumber yang terkait. Observasi dilaksanakan dengan melalui pencatatan secara sistemik dari perilaku,objek yang dilihat yang mendukung dalam penelitian seperti letak geografis, struktur organisasi, tata tertib dan sebagainya yang menjadi data pendukung. Serta dokumentasi yang diperlukan seperti foto,buku kasus, dan buku kelengkapan untuk mendapatkan informasi dan kelangkapan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI dan guru PAI dan Budi Pekerti Sedangkan teknik analisa data yang digunakan analisis model Milles dan Hubberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menemukan adanya proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VI.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMakrum, MakrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:44
Last Modified: 08 Feb 2023 05:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item