Audio visual sebagai media edutainment dalam pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Wibowo, Herman (2021) Audio visual sebagai media edutainment dalam pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan Tesis ini adalah salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa. Pembentukan karakter siswa melalui audio visual sebagai media edutainment dalam pembelajaran diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran yaitu membentuk siswa yang berkarakter. Pendidikan karakter akan berhasil dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi Pendidikan Agama Islam disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pendidikan karakter menggunakan Audio Visual sebagai media Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter menggunakan Audio Visual sebagai media Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Bagaimana evaluasi pendidikan karakter menggunakan Audio Visual sebagai media Edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dari penelitian ini akan di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan suatu karakteristik mengenai bidang yang diteliti. Dengan tempat penelitian di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh diolah dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Audio Visual sebagai media edutainment dalam pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 1 Wanamulya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. melalui tiga tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan guru berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan dengan memasukan nilai-nilai karakter dalam penggunaan audio visual sebagai media edutainment. Pada tahap pelaksanaan guru tidak boleh lepas dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah di buat, guru dituntut lebih kreatif dalam pelaksanaan pembalajaran. Pada evaluasi disini dapat dilihat bahwa pembelajaran melalui media audio visual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membentuk siswa yang berkarakter. Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan agama islam misalnya: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Audio Visual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:43
Last Modified: 08 Feb 2023 04:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item