Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Virtual Berbasis E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Bagi Siswa SMK Nusantara 1 Comal Pemalang

Khuzaeri, Rifqi (2022) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Virtual Berbasis E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Bagi Siswa SMK Nusantara 1 Comal Pemalang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan pembelajaran di SMK Nusantara 1 Comal, yaitu siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran karena hanya dituntut untuk mendengarkan dan menyimak materi yang disampaikan oleh guru tanpa adanya interaksi. Hal tersebut mengakibatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI terbilang rendah. Dilihat dari permasalahan tersebut, sekolah membuat inovasi pembelajaran PAI dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Berbasis E-Learning. Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan Tesis ini adalah 1. Untuk membuktikan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi di SMK Nusantara 1 Comal; 2. Untuk membuktikan pengaruh pembelajaran virtual berbasis e-learning di SMK Nusantara 1 Comal Pemalang; 3. Untuk membuktikan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan pembelajaran virtual berbasis e-larning terhadap minat belajar siswa di SMK Nusantara 1 Comal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun variabel independennya adalah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Virtual Berbasis E-Learning. Variabel Dependennya adalah Minat Belajar Siswa. Teknik sampling yang digunakan adala Purposive Sampling dengan jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 95 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, kuesioner (angket), observasi dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik Regresi Linear Berganda menggunakan program SPSS 22 For Windows Version. Hasil pengolahan data diperoleh nilai signifikansi pengaruh penggunaan teknologi informasi (X1) dan pembelajaran virtual berbasis e-learning (X2) adalah sebesar 0,000 < 0.05, dan nilai Fhitung 146.515 > Ftabel 3.09, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Virtual Berbasis E-Learning berpengaruh secara simultan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Nusantara 1 Comal Pemalang dengan persentase sebesar 76.1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, E-Learning, Minat Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:45
Last Modified: 18 Jul 2023 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item