Khoirin, Khoirin (2022) Pengaruh Kepemimpinan Kepala dan Peran Komite Terhadap Kemajuan Madrasah Pada MTs Ma'arif se Kab. Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (12MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa semakin tinggi Kepemimpinan Kepala Madrasah maka akan semakin tinggi tingkat motivasi kemajuan madrasah. Namun, penulis belum menemukan adanya penelitian yang menguji pengaruh Kepemimpinan Kepala dan peran komite terhadap terhadap kemajuan madrasah secara bersama atau simultan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Kepemimpinan Kepala terhadap kemajuan madrasah. Peran Komite terhadap Kemajuan Madrasah, dan Kepemimpinan kepala dan Peran Komite secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kemajuan Madrasah. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif untuk menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian berjumlah 618 orang dan sampel diambil menggunakan rumus Slovin keakuratan 90% sebanyak 86 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan studi lapangan dengan angket motivasi belajar, angket keharmonisan keluarga dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket Kepemimpinan kepala valid isi sebesar 0,90 dan Peran Komite valid isi sebesar 0,92. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan sig. ≥ 0,05. Hasil Uji Linieritas menyebutkan data linier antara variabel independent dan variabel dependent dengan linierity sig.0,000. Data tidak menunjukkan gejala multikolinieritas dengan Tolerance 0,829 dan VIF 1,207. Uji Heteroskedastisititas metode Glejser menunjukkan tidak terjadi gejala. Hipotesis pertama terbukti dengan persamaan Y=45,971 + 0,466X1 dengan nilai sig. 0,00 < 0,05, sehingga Kepemimpinan Kepala berpengaruh terhadap Kemajuan madrasah secara signifikan. Hipotesis kedua terbukti dengan persamaan Y = 63,351 + 0,323X2 dengan nilai sig. 0,00 < 0,05, sehingga peran komite berpengaruh terhadap kemajuan madrasah. Hipotesis ketiga terbukti dengan persamaan Y = 45,780 + 0,439X1 + 0,087X2, sehingga kepemimpinan kepala dan peran komite secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemajuan madrasah. Kesimpulan penelitian adalah kepemimpinan kepala dan peran komite berpengaruh positif terhadap kemajuan madrasah secara parsial dan simultan pada MTs Ma’arif se- Kab. Batang. Saran penelitian diharapkan kepala dan komite dapat meningkatkan kemajuan madrasah dengan dukungan orangtua untuk meningkatkan kemajuan madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah, Peran Komite, Kemajuan Madrasah | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:50 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2792 |
Actions (login required)
View Item |