Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Kedisiplinan Salat Lima Waktu Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem

Hikmah, Nurul (2022) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Kedisiplinan Salat Lima Waktu Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha yang sistematis dan pragmatis dalam membimbing anak didik yang beragama Islam. Keluarga adalah madrasah pertama di mana semua pendidikan diberikan. Orang tua bertanggung jawab mendidik dan mengasuh keluarga dalam ketaatan kepada Allah SWT. seperti disiplin dalam beribadah. Disiplinan beribadah membuat seseorang memiliki ketenangan jiwa, hal ini dikarenakan setiap orang yang memiliki disiplin ibadah yang baik akan selalu ingat kepada Allah yang memberikan hidup dan kehidupan. Mengingat Allah akan menghindarkan dari segala bentuk kemalasan dan kelesuan, serta rasa tidak tenang. Rasa tenang pada dasarnya adalah salah satu faktor dari aspek rohani yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Dalam masalah ini peneliti akan mencari pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan kedisiplinan salat lima waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti. (2) pengaruh kedisiplinan salat lima waktu terhadap prestasi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. (3) pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan kedisiplinan salat lima waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem secara simultan Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari variabel pendidikan agama Islam dalam keluarga dan kedisiplina salat lima waktu sedangkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti diambil dari nilai rapot. Jumlah responden dalam penelitian adalah 70, untuk uji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar PAI dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem dengan thitung > ttabel (3,343 > 1,996) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin salat lima waktu terhadap prestasi belajar siswa pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem dengan thitung > ttabel (3,032 > 1,996) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dan disiplin salat lima waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan karakter siswa di SMK Negeri 1 Warungasem secara simultan dengan tes yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 60,97 > Ftabel 3,13, maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Kedisiplinan, Salat Lima Waktu, Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:22
Last Modified: 08 Feb 2023 04:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item View Item