Pujianah, Pujianah (2022) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Bab I - V.pdf Download (9MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan kinerja guru berpengaruh untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan demikian gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan kinerja guru memiliki hubungan yang positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dikatakan bahwa semakin baik kepemimpinan seseorang kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya semakin baik pula kinerja seorang guru, maka semakin berpengaruh pula pada keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang? (2) Apakah kinerja guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang? (3) Apakah gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan kinerja guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang? Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada guru MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. Populasi penelitian ini adalah guru MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. Sampel penelitian ini adalah semua guru MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang yang berjumlah 23 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yakni menggunakan seluruh jumlah populasi yang ada sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan rumus regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan temuan: (1) Gaya kepemimpinan demokratis kepala berpengaruh madrasah terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. (2) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. (3) Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dan kinerja guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa di MTs. Nurussalam Tersono Kabupaten Batang, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan diperoleh F hitung sebesar 4,618, dimana hasil perhitungan Fhitung ˃ Ftabel (4,618 ˃ 3,490) dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti di atas nilai 5% (0,000 ˂ 0,050).
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru, Keaktifan Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 05:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 05:14 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/2801 |
Actions (login required)
View Item |