Pengaruh penggunaan media pembelajaran Audio Visual terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Gerlang Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Prasetyo, Dodo (2018) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Audio Visual terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Gerlang Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang ada di SDN Gerlnag Blado-Batang adalah siswa memiliki minat belajar yang rendah terutama pada mata pelajaran IPS Untuk itu guru di SDN Gerlang Blado-Batang melakukan upaya agar minat belajar IPS pada siswa meningkat dengan cara menggunakan media pembelajaran audio visual dalam proses pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gerlang Blado-Batang? Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gerlang Blado-Batang? Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Gerlang Blado-Batang? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gerlang Blado-Batang, Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gerlang Blado-Batang, Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Gerlang Blado-Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistic regresi linier sederhana. Setelah diketahui hasil perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, maka pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar IPS dapat diketahui bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual kelas IV di SDN Gerlang tergolong pada kriteria sedang dengan sebanyak siswa atau dengan prosentase 41,46%. Minat belajar IPS siswa kelas IV SDN Gerlang tergolong pada kriteria sedang, yaitu dengan sebanyak siswa atau dengan prosentase 58,54%. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual berpengaruh secara signifikan Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gerlang Kecamatan Blado. Nilai F hitung dan F tabel , Maka, F hitung > F tabel, jadi H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya variabel independen (X) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) atau penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gerlang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gerlang Kecamatan Blado Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Minat Belajar IPS.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 06 May 2020 04:30
Last Modified: 06 May 2020 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item