Implementasi pengajaran remidialdalam upaya meningkatka prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas x di SMAN

Zahrotunnisa, Ani (2014) Implementasi pengajaran remidialdalam upaya meningkatka prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas x di SMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (17MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Upaya pencapaian prestasi belajar pendidikan agama islam dapat diternpuh dengan beberapa cara, Pendidik perlu memi lih cara yang tepat untuk mencapai prestasi belajar, Ketika proses pembelajaran telah dilaksanakan dan ternyata ada peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan maka diperlukan perbaikan (program remidial) karena kenyataan mcnunjukan bahwa setiap siswa dalam proses belejar mengajar mempunyai basil atau prcstasi yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Paninggaran Pekalongan sebelum mcndapatkan pengajaran remedial ?Bagaimru1a prcstasi bclajar pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Paninggaran Pekalongan setelah mendapatkan pengajaran remedial?Apakah Pengajaran Remedial dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SivIAN 1 Paninggaran Pekalongan ?. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kc1as X di SMAN 1 Paninggaran Pekalongan sebelum mendapatkan pengajaran remedial.Untuk mengctahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di Sl\1f-1.N 1 Paninggaran Pckalongan setelah mendapatkan pengajaran remedial.Untuk mengetahui apakah Pengajaran Remedial dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Paninggaran . .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (cla.s. sroom action research), yang bersifat reflektif dan kolaboratif Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitati f Sedangkan metode pcngumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan hasil evaluasi/nilai. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan rumus Prosentas e. Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa: Prestasi belajar Pcndidikan Agama Islam sebelurn melaksanakan pengajaran remedial diperolch persentase Kurang sebesar 11.42 %, cukup sebesar 91 .42 %, Baik sebesat O % d?J1 Sangat Baik sebesar 0%. Nilai yang diperoleh kurang dari KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70 sehingga harus dilaksanakan pengajaran rcmedial.Prcstasi belajar Pcndidikan Agama Islam sesudah melaksanakan pengajaran remedial di SMr\N 1 Paninggaran Pckalongan pada siklus I diperoleh persentase Kurang sebesar O %, cukup sebesar 71.42 %~ Baik sebesar 28.57 % dan Sangat Baik sebesar 0% .. Pada siklus II diperoleh persentase Kurang sebesar O o/o, c11k11p sebesar 34.28 %, Baik sebesar 67 .71 o/o dan Sangat Baik sebesar 0%. Pada siklus III diperoleh persentase Kurang sebesar O %, cukup sebesar 0%, Baik sebesar 85.71 o/o dan Sangat Baik sebesar 14.28%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pcngajaran remidial dalam upaya meningkatkan prestasi bclajar Pendidikan Agama Isla111 siswa kclas X di SMAN I Pa11i11ggara11 J>ckalor1garl. tclal1 berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pengajaran Remidial Terahdap Prestasi Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:31
Last Modified: 18 Jul 2023 04:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item