Korelasi intensitas kegiatan keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan tahun ajaran 2011/2012

Fajar, Doni (2012) Korelasi intensitas kegiatan keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (13MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelaksanaan kegiatan keagamaan diperlukan adanya kesadaran dan pengetahuan akan nilai-nilai agama sehingga mendorong seseorang itu aktif. Intensitas seseorang dalam melakukan kegiatan keagamaan bisa berhubungan dengan prestasi belajar PAI (Pendidikan Agama Islam) siswa disekolahnya, Pelajaran PAI dan kegiatan pengembangan keagamaan diharapkan mampu mengembangkan pemahaman dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam. Dengan demikian, kepribadian peserta didik diharapkan dapat berkembang dengan baik yang dilandasi dengan ajaran Islam dengan mengamalkan ibadah si•swa. Dalam penelitian ini penulis memaparkan rumusan masalah yaitu, Bagaimana intensitas kegiatan keagamaan kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?, Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?, Bagaimana korelasi intensitas keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi intensitas keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII SMPN 04 Pekalongan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunak:an adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif yang mengambil analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kegiatan keagamaan siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan mempunyai nilai rata-rata 76,68 yang termasuk kategori sangat baik sekali, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan mempunyai nilai rata-rata 77 termasuk kategori baik. Setelah diadakan perhitungan statistik dengan rumus product moment didapatkan nilai rxy = 0,414 terletak pada interval nilai 0,400-0, 700 pada tabel patokan interpretasi nilai r, dengan demikian bahwa antara intensitas kegiatan keagamaan siswa terdapat korelasi positif yang sedang dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan pada interpretasi secara cermat, untuk jumlah data N=31 dalam tabel r product moment untuk taraf siginifikan 5% didapat ftabct=0,355 dan untuk taraf signifikan I% didapat ftaher=0,456. Dengan demikian rxy lebih besar daripada rtabcl baik pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1 % rxy lebih kecil daripada rrabel• Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang sedang antara intensitas kegiatan keagamaan siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Keagamaan dan Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:02
Last Modified: 26 Jul 2023 02:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item