Fadli, Failasuf (2011) Manajemen pengembangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (12MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (49MB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu tenaga kependidikan yang mempunyai peran sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan tujuan pendidikan, karena guru yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang akan menghasilkan tamatan yang diharapkan. Guru merupakan sumber daya manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan organisasi. Guru merupakan tulang punggung dalam kegiatan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar. Di MTs Wahid Hasyim Warungasem dalam mengelola kinerja guru menggunakan manajemen pengembangan guru, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi guru yang ada di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai objek penelitian yaitu: Bagaimanakah manajemen pengembangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses pengadaan guru, untuk mengungkap proses penempatan guru, untuk memaparkan proses pembinaan guru, untuk menemukan proses pemberian kompensasi kepada guru, dan Menerangkan proses pemberhentian guru. Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai infonnasi kepada guru tentang manajemen pengembangan guru. Bagi kepala madrasah, penelitian ini Sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kinerja seorang pemimpin dalam mengkoordinasikan jajaran guru dalam semua kegiatan akademik madrasah. Penelitian ini diharapkan juga menjadi pedoman pengembangan guru bagi yayasan Wahid Hasyim Warungasem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data penelitian primemya adalah kepala madrasah, pengurus yayasan, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAl), sedangkan sumber data sekundemya adalah guru non Pendiclikan Agama Islam (PAI), staf administrasi, dan peserta didik. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yakni; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis datanya adalah menggunakan analisis induktif. Berdasarkan basil penelitian, menyebutkan bahwa manajmen pengembangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim Warungaem Batang, pada proses pengadan guru, waktu pelaksanaannya belum terencana secara pasti dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM), pada identifikasi kebutuhan guru belum menggunakan perhitungan yang sesuai dengan keputusan Menteri PAN Nomor: KEP/75/M.P AN/7 /2004, pada tahap penyebaran informasi pengadaan guru masih kurang efektif karena hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Dalam proses penempatan, adanya guru yang mengampu mata pelajaran tidak sesuai dengan kependidikannya, dalam proses penempatan ini juga terdapat perjanjian kerja yang belum dijalankan dengan baik antara kepala madrasah dan guru. Sedangkan proses pembinaan bagi guru, dalam hal pembinaan, pelatihan-pelatihan yang diadakan masih kurang intensif, hal itu terbukti dalam setahun hanya terdapat dua kali pelatihan, dalam hal Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) belum berjalan dengan efektif, karena terkendala dengan kebijakan forum komunikasi MTs se kabupaten yang tidak mengefektifkan MGMP. Dalam hal pemberian kompensasi bagi guru belum sesuai dengan upah • standar minimum kerja, hal ini dikarenakan keterbatasan keuangan madrasah. Yang terkahir adalah Proses pemberhentian guru yang belum diresmikan dengan surat keputusan dari madrasah atau yayasan, hal ini bertujuan untuk menjelaskan hak dan kewajiban guru yang berhenti. Dari basil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Manajemen Pengembangan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang belum baik sehingga masih perlu adanya pembenahan• pembenahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pengembangan, Guru, Pendidikan Agama Islam (PAI). |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
Depositing User: | Akhiroh Ghufron |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:03 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:03 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3132 |
Actions (login required)
View Item |