Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan bidang studi bahsa arab di MI Ma'arif NU Kertaasa kecamata Kramat kabupaten Tegal

Sofyan, M.Agus Ali (2010) Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan bidang studi bahsa arab di MI Ma'arif NU Kertaasa kecamata Kramat kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (9MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya mewariskan nilai yang akan menjadi penolong dan penuntut dalam mengalarni kehidupan, sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban urnat manusia yang bisa dilakukan sejak rnasih dalam kandungan. Begitu pentingnya pendidikan bagi kita Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagaimana dimaksud adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan yang terdiri dari tujuan, struktur, kaldik, silabus dan RPP sehingga kurikulum ini sangat beragam Berkembangnya KTSP di Ml Ma'arif NU Kertayasa itu sangat membantu dalam pembelajaran pada peserta didik karena untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang akan dicapainya. Dalam penyusunannya juga melibatkan seluruh warga Madrasah yang antara lain : Kepala sekolah, Guru, Siswa, Komite, Wali murid serta masyarakat sekitarnya. Untuk itu agar tujuan pendidikan tercapai harus ada kurikulum dalam sistem persekolahan yang merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Dalam pengertian lain kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali dalam pembaharuan dari tahun ke tahun karena mengikuti perkembangan zarnan, dari rnulai tahun 1952, kurikulum tahun 1968, kurikulum tahun 1975 Ialu kurikulum 1984 yang disebut Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA ) kemudian di rubah lagi kurikulum tahun 1994, hingga akhirnya di ganti kwikulum 2004 yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) sampai akhimya di ganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang berawal tahun 2006 sampai sekarang. Sekolah MI Ma'arif NU Kertayasa merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang berbasis keislaman dengan mengutamakan kualitas kebahasaan. dalam pembelajaran yang diterapkan adalah menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan,Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma'arif NU Kertayasa berupa adanya perangkat pembelajaran yang meliputi kurikulum dan silabus, program tahunan, program semester, dan rencana pembelajaran Materi yang diajarkan diperoleh dari buku teks wajib yang berupa buku teks :,.11.:, illll ~yr.Ji 'Pelajar an bahasa Arab" untuk Madrasah Ibtidaiyah karangan Agus wahyudi diterbitkan oleh PT. Tiga serangkai Pustaka Mandiri tahun terbit

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapam kurikulum tingkat satuan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:03
Last Modified: 26 Jul 2023 02:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item