Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam

Nahnu, Moh. (2009) Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (11MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Setiap orang tua ingin membina anak agar menjadi orang yang. baik, mempunyai kepribadian yang kuat, sikap mental yang sehat dan akhlak yang terpuji, Semuanya dapat diusahakan melalui pendidikan baik yang formil maupun yang informil. Perkembangan agama pada masa anak, teriadi melalui pengalaman hidupnya sejak • kecil, dalam keluarga, di sekolah dan dalam masyarkat lingkungan, Semakin banyak pengalaman yang bersifat agama, akan semakin banyak unsur agama, maka sikap, tindakan, kelakukan dan caranya menghadapi hidup akan sesuai dengan ajaran agama. Pendidikan Islam pada anak usia dini merupaknn dasar bagi pembinaan sikap dan jiwa agama pada anak. Permasalahannya adalah Bagaimana latar belakang diadakan pendidikan anak usia dini ? Bagaimana pengaruh pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan kejiwaan, jati diri dan motorik anak ? Bagaimana pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam 'l. Tujuan penelitian untuk mengetahui latar belakang diadakan pendidikan anak usia dini, untuk mengetahui pengaruh pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan kejiwaan, jati diri dan motorik anak, untuk mengetahui pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam, Kegunaan penelitian untuk menambah wawasan atau pengetahuan penuiis dalam bidang pendidikan dan untuk mengetanui lebih jauh bagaimana pendidikan pada anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi pustaka (library research), Pendekatan penelitian yang penulis pergunakan adalah penelitian Kualitatif Normatif, yaitu suatu penelitian yang berpedoman dan bertitik tolak pada peraturan-peraturan yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini, dimana hasil penelitiannya tidak dapat diwujudkan dslam bentuk jumlah tertentu atau tidak dapat diwuiudkan dalam bentuk kuantitas atau angka-angka. Dalam mengolah clan mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif metode induktif dan metode komparatif I-Iasil penelitian adalah latar belakang diadakan pendidikan anak usia dini adalah pendidikan anak usia dini sangat penting diberikan mengingat anak adalah penentu kehidupan pada masa mendatang. Dengan memberikan pendidikan anak pada usia dini diharapkan dapat membentuk anak Indonesia yang berkualitas, di mana anal; anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkemhangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi . kehidupan di masa dewasanya. Pendidikan anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangan fisik dart motorik, perkembangan kognitif, perkembangan moral dan nilai-nilai agama, perkernbangan sosial-emosional pada anak yang kcsemuanya itu merupakan tolok ukur dari keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan pada anak. Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam adalah merupakan dasar bagi pendidikan selanjutnya (pondasi awal dari pendidikan), Pengembangan nilai-nilai jiwa keagamaan, dan Pembinaan akhlak anak .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak usia dini perspektif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:04
Last Modified: 26 Jul 2023 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item