Qoyimah, Siti (2012) Pelaksanaan Program Pengembangan Diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (11MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru, Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik. Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan karakter peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan. Dengan adanya program pengembangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen diharapkan dapat rnelatih dan meningkatkan keceradsan anak didik serta membekali anak didik dengan pengetahuan yang dapat menjadi bekal kehidupan di masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja bentuk dan tujuan program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen?, Bagaimana materi dan metode program pengembangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen?, Faktor apa saja yang •mendukung dan menghambat pelaksanaan program pengembangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk dan tujuan program . pengembangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen, untuk mengetahui materi dan metode program pengernbangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecarnatan Kajen, untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pengernbangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecarnatan Kajen. Kegunaan penelitian untuk menambah wawasan tentang pembentukan minat dan bakat siswa rnelalui pelaksanaan pengembangan diri. . Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Sumber data primer dalam penel itian ini yakni, kepala sekolah, guru serta siswa SON O I Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bentuk program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen, meliputi:Bidang Agama Islam, Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan, serta Pelaksanaan Kegiatan Olahraga. A.dapun tujuan dari adanya program pengembangan diri yang ada di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen hampir senada dengan tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan yakni: Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif, serta dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Kedua, materi dan metode program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen meliputi 7 (tujuh) macam, yakni: 1) Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, 2) Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, 3) Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara, 4) Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat, 5) Pembinaan kreatifitas dan keterampilan siswa, 6) Pembinaan kualitas jasmani dan kesehatan gizi, 7) Pembinaan sastra dan budaya. Sedangkan metode program pengembangan diri di SDN O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen adalah sebagai berikut: metode pembiasaan, metode penugasan, serta metode demonstrasi. Ketiga, faktor yang menghambat pelaksanaan program pengembangan diri di SON O 1 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen antara lain: minimnya waktu sekolah, kurangnya tenaga pengajar dari berbagai bidang keilmuan, kemalasan siswa, serta kurangnya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukung program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kecamatan Kajen, antara lain: adanya dukungan, bantuan dan masukan dari berbagi pihak (stake holder) yang kontributif, adanya dukungan dan komitmen yang tinggi dari kepala sekolah, serta lingkungan sekolah yang mendukung .
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Pengembangan Diri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 31 May 2023 04:43 | ||||||||
Last Modified: | 31 May 2023 04:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3188 |
Actions (login required)
View Item |