Penerapan metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang

Sofan, Sofan (2014) Penerapan metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di dalam masyarakat telah banyak berkembang metode-metode pembelajaran Al-Qur'an yang masing-masing bertujuan agar anak didik dapat rnempelajari Al-Qur'an dengan mudah dan menghasilkan anak didik yang maropu membaca Al-Qur' an dengan baik dan benar. Di antara metode-metode tersebut antara lain metode al-banjari, metode struktur analitik sintetik, metode bagdadiyah, metode hijaiyah yang disempurnakan, metode Iqra ', metode al• Barqy, metode praktis baca tulis Al-Qur'an al-Jabari, metode qira'ati, Serta metode an-Anahdliyah. Dari bermacam-macam metode Salah satu metode tersebut adalah metode an-Nahdliyah. Metode ini lahir dari Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Tulungagung bersama dengan para kyai dan para ahli di bidang pengajaran al-Qur'an. Metode tersebut diberi nama ''Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-Nahdliyah". Lahirnya metode tersebut didasari oleh beberapa pertimbangan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dapat diangkat adalah: bagaimana pelaksanaan metode an-Nahdliyah di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang. bagaimana prestasi belajar santri di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa dalam prestasi belajar santri di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blada Batang ini memberikan banyak manfaat untuk para orang tua khususnya dan juga pada pembentukan akhlak pada anak. Metode yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun data yang telah terkumpul dianalisis dan diteliti berdasarkan analisis yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan mengenahi penerepan metode an-Nadliyah di TPQ Roudlotul Tholibin Kepokoh Blado Batang, Bahwa da1am penerepanya memenuhi basil yang baik. hal ini dapat dilihat dari, penerapanya sesuai dengan panduan buku an-Nahdliyah, waktu yang lebih cepat, dan siswa lebih mudah dalam memahami bacaan-bacaan Al-Qur'an, nilai dan prestasi yang meningkat. Selanjutnya hasil dari penelitian dalam skripsi ini adalah menguraikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada. Pelaksanaan pembelajaran metode di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang. Prestasi anak di di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang yang kurang mendapat perhatian karena orang tua mereka sibuk dengan pekerjaannya. Sehingga dengan adanya di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang mempunyai kontribusi besar terhadap perubahan prestasi belajar anak dalam membaca Al-Qur' an khususnya diDukuh Kepokoh Blado Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penerapan metode Annahdliyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:29
Last Modified: 06 Jun 2023 02:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item