Amaliah, Mila (2013) Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan IMTAQ Membaca Al-qu'an Terhadap Minat Baca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
i-v.pdf Download (14MB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Membaca Al-Qur'an merupakan salah satu kegiatan yang kadang-kadang kurang diminati oleh anak, pada dasamya pelajaran agama lebih menghajatkan pada pembiasaan dan latihan (drill} bagi terarnpilnya anak dalam membaca, menulis ataupun mengucapkan. Membaca Al-Qur' an di SMP N 2 Pekalongan bagi siswanya masih ada kendala karena perbedaan latar belakang siswa. Untuk itu dibutuhkan kreatifitas dalam mencegah dan menanggulangi kesulitan minat baca Al-Qur'an bagi siswa dengan cara membiasakan siswa untuk membaca Al• Qur' an mengikuti kegiatan imtaq. Permasalahannya adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur'an yang ada di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana minat baca Al-Qur'an siswa di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur'an terhadap minat baca Al-Qur'an siswa DI SMP N 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an siswa yang ada di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq melalui membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur'an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah memberikan masukan dan gambaran dalam melaksanakan penanggulangan terhadap problematika membaca dan minat baca Al-Qur'an siswa khususnya di SMP N 2 Pekalongan . Hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa t test sebesar 28, 9167 .Penulis menguji basil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5%, t tabel sebesar 2,042 Berarti Ithl > lt , maka Ho ditolak, H.- diterima, Sedangkan pad a tingkat kesalahan 1 °ro, tt sebesar 2,7 50 maka IthI > t1 , maka Ha ditolak Ha diterima, Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1 % memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan anatara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Our' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 pekalongan) dapat diterima kebenarannya •
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Imtaq , baca Al-Qur'an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2023 09:48 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 09:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3215 |
Actions (login required)
View Item |