Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan IMTAQ Membaca Al-qu'an Terhadap Minat Baca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 2 Pekalongan.

Amaliah, Mila (2013) Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan IMTAQ Membaca Al-qu'an Terhadap Minat Baca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
i-v.pdf

Download (14MB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Membaca Al-Qur'an merupakan salah satu kegiatan yang kadang-kadang kurang diminati oleh anak, pada dasamya pelajaran agama lebih menghajatkan pada pembiasaan dan latihan (drill} bagi terarnpilnya anak dalam membaca, menulis ataupun mengucapkan. Membaca Al-Qur' an di SMP N 2 Pekalongan bagi siswanya masih ada kendala karena perbedaan latar belakang siswa. Untuk itu dibutuhkan kreatifitas dalam mencegah dan menanggulangi kesulitan minat baca Al-Qur'an bagi siswa dengan cara membiasakan siswa untuk membaca Al• Qur' an mengikuti kegiatan imtaq. Permasalahannya adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur'an yang ada di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana minat baca Al-Qur'an siswa di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur'an terhadap minat baca Al-Qur'an siswa DI SMP N 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an siswa yang ada di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq melalui membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur'an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah memberikan masukan dan gambaran dalam melaksanakan penanggulangan terhadap problematika membaca dan minat baca Al-Qur'an siswa khususnya di SMP N 2 Pekalongan . Hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa t test sebesar 28, 9167 .Penulis menguji basil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5%, t tabel sebesar 2,042 Berarti Ithl > lt , maka Ho ditolak, H.- diterima, Sedangkan pad a tingkat kesalahan 1 °ro, tt sebesar 2,7 50 maka IthI > t1 , maka Ha ditolak Ha diterima, Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1 % memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan anatara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Qur' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Our' an terhadap minat baca Al-Qur' an siswa di SMP N 2 pekalongan) dapat diterima kebenarannya •

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafuddin, SalafuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Imtaq , baca Al-Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 16 Jun 2023 09:48
Last Modified: 16 Jun 2023 09:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item