Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan)

Nasikhin, Tony (2019) Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Teknologi internet yang semakin maju tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia tetapi juga telah menjadi basis bagi transaksi perdagangan dan transportasi secara online. Usaha berbisnis online dirasa cukup mudah dan praktis untuk dilakukan, ditambah lagi saat ini bisnis tersebut banyak dilakukan masyarakat tak terkecuali mahasiswa sebagai pekerjaan sampingan. beberapa faktor yang mempengaruhi minat dalam berbisnis online diantaranya motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau referensi baik bagi mahasiswa maupun akademis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan data pustaka. Sampel pada penelitian ini adalah 100 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan uji t (parsial) menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi kurang dari 10% yaitu 0, 000 (thitung sebesar 9,989), lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi kurang dari 10% yaitu 0, 005 (thitung sebesar 2,859) dan pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online dengan signifikansi lebih dari 10% yaitu 0. 996 (thitung sebesar 0, 004). Hasil uji F, nilai Fhitung 139,484 menunjukkan secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online. Kemudian angka Adjusted R Square sebesar 80,8%. Hal ini berarti 80,8% variabel minat dalam berbisnis online dapat dijelaskan melalui ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. sedangkan sisanya 19,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, SE, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Mahasiswa, Berbisnis Online
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 12 May 2020 05:01
Last Modified: 12 May 2020 05:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item