Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mis Bligo Buaran Pekalongan

FARIZTYANA, DWI (2015) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mis Bligo Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
232108288 DWI FARIZTY ANA BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Text
232108288 DWI FARIZTYANA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dwi Fariztyana. 2015. 232108288. Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MISBligo Buaran Pekalongan. Kata Kunci: Upaya Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Keberhasilan pendidikan di madrasah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di madrasah. Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Hal tersebut menjadi lebih penting sejalan dengan semakin kompleksnya tuntutan tugas kepala madrasah, yang menghendaki dukungan kinerja yang semakin efektif dan efisien. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo Buaran Pekalongan? (2) Faktor apa saja yang dapat meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo Buaran Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(l)Untuk mengetahui upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo Buaran Pekalongan, (2)Untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo Buaran Pekalongan, sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian di MIS Bligo Buaran Pekalongan dengan subjek penelitian kepala madrasah dan guru. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data guna mendapatkan basil yang akurat. Dari hasil kajian ini, peneliti menemukan dua temuan substantif, Pertama, Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo Buaran Pekalongan dilaksanakan dalam bentuk melakukan kegiatan Kunjungan atau observasi kelas, Pembicaraan Individual, Rapat Guru. Kedua,Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru di MIS Bligo adalah dengan mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai, memaksimalkan kedisiplinan guru, kedisiplinan merupakan kunci suksesnya dalam segala hal karena kedisiplinan berasal dari kata disiplin yang berarti suatu komitmen yang terus dijalani tanpa terbatas ruang dan waktu. seorang guru yang profesional sudah pasti mampu memaksimalkan suatu kedisiplinan, terutama dalam mengaatur segala kegiatannya dan mengadakan evaluasi ketenagaan,evaluasi merupakan salah satu faktor yang mampu memberikan motivasi dan dorongan kepada guru agar lebih baik dan selalu meningkatkan perkembangan kemampuannya. disisi lain evaluasi ialah mserangkaian kegiatan yang dimana membuat para guru terkadang gelisah, guru yang seperti ini biasanya guru yang tertutup atau kurang humor/ pendiam. Adapun yang harus dilakukan kepala MIS Bligo adalah mendekatinya. kaitannya dengan vii upaya yang harus dilakukan kepala madarsah ialah evaluasi ketenagaan dalam menghadapi kendala dalam pelaksanaan supervisi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepala Madrasah, Kinerja Guru.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:31
Last Modified: 12 Jul 2023 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item