Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas IDi SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang

Eni Sumarni, Eni Sumarni (2014) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Kelas IDi SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311077 ENI SUMARNI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021311077 ENI SUMARNI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang berguna menyiapkan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur'an melalui kegiatan bimbingan dan latihan. Dengan Pendidikan Agama Islam anak diharapkan mamp membaca dan menulis huruf Al-Qur' an untuk meyakini, memahami, mengbayati dtnmengamalkan apa yang terkandung dalam Al-Qur'an. Untuk itu agar proses pembe ajarannya dapat berjalan dengan lancar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapk seorang guru harus dapat mengolah pedoman pembelajaran yang barns diperhatikan adalab penggunaan metode, yaitu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telab ditetapkan. Rumusan masalab dalam penelitian ini adalab bagaimana kualitas membaca Al-Qur'an pada siswa kelas IV di SDN 03 Karangasem Petar kan Pemalang? Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an pada siswa kelas IV di SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang? T [uan Penelitian adalah Untuk mengetahui k:ualitas membaca Al-Qur'an pada s:iswa laelas IV di SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang, Untuk mengetahui peningkatan membaca Al• Qur'an pada siswa kelas N SDN 03 Karangasem Petarukan Pem'\1ang. Kegunaan penelitian secara teoritis Penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan serta peningkatan pelaksanaan pernbelajaran Al-Qur'an dengan metode Qiro'ati di SDN 03 Karangasem, Seba ai bahan acuan bagi Guru PAI dalam meningkatkan k:ualitas membaca Al-Qur'a Secara praktis Bagi siswa, akan lebih semangat belajar dan dapat meningkatkan kebiasaan belajar ak:tif Bagi guru, lebih menghayati metode sebagai strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan. Bagi Sekolah, akan lebih berbenah diri untuk penanaman jiwa keagamaan terhadap anak melalui pembelajaran Al-Qur' an dengan metode yang disesuaikan dengan peserta didik. Jenis penelitian ini adalab penelitian lapangan (field reseanchj. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Suiber data yang digunakan berasal dari primer dan sekunder. Untuk metode pen~pulan datanya melalui metode wawancara (interview), observasi (pengamatan), dotatmentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas membaca Al-Qur' an pada siswa kelas N di SD N 03 Karangasem Petarukan Pemalang yang diajar tanpa menggunakan metode Qiro'ati termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro'ati termasuk dalalllj kategori tinggi. Ada perbedaan yang signifikan dalam kualitas membaca Al-Qur' an ~ada siswa kelas IV di SD N 03 Karangasem Petarukan Pemalang antara yang d\ajarkan dengan menggunakan metode Qiro 'ati dan yang tanpa menggunakan metode Qiro' ati.. Hasil penelitian ini yaitu bahwa meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an pada siswa kelas IV di SD Negeri 03 Karangasem Petarukan Pemalang menunjukkan adanya perubahan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:28
Last Modified: 12 Jul 2023 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item