Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Nilai-Nilai Kejujuran Siswa Kelas VIII Di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan

Qonita, Naila (2019) Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Nilai-Nilai Kejujuran Siswa Kelas VIII Di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto masih banyak ditemui beberapa kasus yang mencerminkan kurangnya kedisiplinan yang menjadi salah satu fondasi dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa. Hal ini tercermin dari seringnya siswa yang tidak masuk sekolah tanpa izin, berangkat terlambat, serta keluar saat jam pelajaran berlangsung. Selain itu dalam hal kesadaran dan kepedulian akan lingkungan juga masih membutuhkan perhatian secara khusus seperti membuang sampah sembarangan serta mencoret-coret sarana dan prasarana sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto? Bagaimana nilai-nilai kejujuran siswa di MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto? Seberapa besar pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran siswa di MTs Salafiyyah NU Karanganyar Tirto? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pembelajaran aqidah akhlak di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan masuk dalam kategori Baik karena rata-rata yang diperoleh menunjukkan angka 51 yang terdapat dalam interval 51-53 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa nilai-nilai kejujuran siswa kelas VIII di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan masuk kategori Cukup karena rata-rata yang diperoleh menunjukkan angka 52 yang terdapat dalam interval 51-53 dengan kategori Cukup. Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran aqidah akhlak terhadap nilai-nilai kejujuran siswa kelas VIII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesa menggunaan uji analisis sederhana dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (1,26 > 0,87). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aqidah akhlak yang diajarkan di MTs Slafiyah NU Tirto khususnya kelas VIII mempengaruhi sedikit banyak dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam pribadi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Nilai-nilai Kejujuran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Apr 2020 05:25
Last Modified: 22 Apr 2020 05:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item