Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembiasaan pada materi sholat wajib kelas III SD Islam Setono 01 Kota Pekalongan

Nadhiroh, Nadhiroh (2015) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembiasaan pada materi sholat wajib kelas III SD Islam Setono 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210182 NADHIROH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img] Other (Thesis)
2021210182 NADHIROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tarafgerap danprestasi siswa kelas III dalam mempelajari materi sholat wajib baik secara teori maupun praktek. Studi ini dimaksudkan unłuk menjawab permasalahan.• (l) Bagaimana Fnggunaan metode pembiasaan pada materi sholat wajib kelas III SD Islam Setono 01 Kota pekalongan? (2) Apakah penggunaan metode pembiasaan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Islam Setono 01 pada sholat wajib? Perrnasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas III SD Islam Setono 01 Tahun Pelajaran 2014-2015. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas [Il dalam mempelajari materi sholat wajib. Penelitian ini bermanfaat sebagai infortnasi penting bagi kalangan akademisi dan guru mengenai pelaksanaan metode pembiasaan pada pembclajaran agama Islam, sebagai sumbangan pernikiran untuk meningkatkan tujuan pcndidikan, dan sebagai dokumentasi bagi peneliti lain dalam rangka mengadakan penelitian lebih lanjut. Berdasarkan pengolahan dan analisa data maka diketahui pelaksanaan metode pembiasaan pada pembelajaran sholat wajib di SD Islam Setono 01 tergolong sangat baik, karena berdasarkan hasil observasi peneliti diketahui bahwa guru menggunakan metode pembiasaan ini tidak monoton, ditambah dengan dibantu media audio Visual dalam pengantar teorinya disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan dan situasi kelas dan siswa yang tepat. Dari hasil pembelajaran siswa maka dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas metode pembiasaan yang digunakan dalam pembelajaran materi sholat wajib ini dapat dikategorikan tinggi atau baik. Nilai yang tertinggi pada kategori sangat baik yaitu berjumlah 13 atau 43,3 % dan kategori baik sejumlah 17 sise,a atau 56,7%. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan bantuan alat peraga atau media, semoga siswa tetap memotivasi diri agar berkonsentrasi mengikuti pelajaran %alaupun dalam kondisi apapun, dan lebih mengutamakan pendidikan di atas segalanya dan guru juga tidak selalu mengajar di dalam kelas, sekali-kali siswa diajak belajar di luar kelas atau tempat lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sholat Wajib
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:49
Last Modified: 14 Jul 2023 06:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item