Penerapan metode bermain dalam upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini di TK Musyühoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur

Fadhilah, Nur (2015) Penerapan metode bermain dalam upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini di TK Musyühoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210189 NUR FADHILAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021210189 NUR FADHILAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Unsur utama dalam pengembangan pmgram bagi anak usia dini adalah Pendidikan awal di masa kanak-kanak diyakini memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan selanjutnya. Program kegiatan bermain yang dikembangkan terdiri dari bidang perkembangan sosial dan emosi, perkembangan bahasa, perkembangan literasi awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis-jenis metode bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosionaJ anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur? bagaimana penerapan metode bermain dalam upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dim di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Tirnur? bagaimana faktor penghambat dan pendorong dalam menerapkan metode bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis metode bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari, untuk mengelahui penerapan metode bermain dalam upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendomng dalam menerapkan metode bennain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari. Kegunaan penelitian dapat menambah ilmu pengetahuan serta membangkitkan semangat guru agar kreatif_ Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan [Endekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini obser,'asi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Jenis-jenis metode bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Mæ;yithoh 09 Landungsari terdapat dalam 8 (delapan) sentra permainan, meliputi: sentra balok, sentra hahan alam, sentra peran, senlra persiapan, sentra imtak (ibadah), sentra cooking, sentra Olah tubuh. dan sentra seni. Kedua, Penerapan metode bermain dalam di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecarnatan Pekalongan Timur terbagi menjadi 4 (empat) pijakan. yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selatna main dan pijakan setelah main. Ketiga, Faktor penghambat metode bennain sebagai upaya menanamkan keeerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari, antara lain: anak yang malas dan Iebih memilih untuk bcrcanda dengan teman-temannya, tingkat kecerdasan anak berbeda dan sikap malu pada anak didik. Sedangkan faktor pendorongnya: guru yang profesional dan terlatih, kemauan peserta didik untuk belajar dengan menggunakan metode hermain, dukungan, bantuan dan masukan dari orang tua, tersedianya alat permainan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Bermain
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:04
Last Modified: 14 Jul 2023 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item