Analisis marketing mix pada produk simpanan tarbiyah di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang

Tania, Yuli (2018) Analisis marketing mix pada produk simpanan tarbiyah di KSPPS BMT Bahtera Cabang Batang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Tabungan tarbiyah merupakan simpanan yang ditunjukan kepada lembaga pendidikan, orang tua dari siswa-siswi dan wali kelas. Penarikannya hanya dapat dilakukan pada akhir tahun ajaran yaitu pada bulan juni. Simpanan yang menggunakan akad mudharabah ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu tabungan tarbiyah plus (pribadi) dan tabungan tarbiyah lembaga. Tabungan ini berfungsi sebagai simpanan rencana biaya pendidikan sehingga setorannya menyesuaikan dengan kebutuhan rencana pendidikan calon anggotannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan KSPPS BMT Bahtera cabang Batang yang berkenan langsung membahas permasalahan. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari refrensi berupa buku-buk dan informasi-informasi lainya. Tehnik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik keabsahan datanya melalui triangulasi. Analisis datanya menggunakan metode analisis kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian diuraikan dan dikumpulkan dengan metode deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa KSPPS BMT Bahtera cabang Batang menerapkan elemen 7P dalam bauran pemasaran yang meliput: produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bukti fisik (physical evidence) untuk meningkatkan jumlah nasabah setiap tahunnya. Selain menerapkan strategi marketing mix pada produk simpanan tarbiyah di KSPPS BMT Bahtera cabang Batang menerapkan analisis SWOT produk simpanan tarbiyah sebagai produk unggulan di KSPPS BMT Bahtera cabang Batang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Produk Simpanan Tarbiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 12 May 2020 05:08
Last Modified: 12 May 2020 05:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item