Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Giving Question and Getting Answer pada Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan.

NURHIDAYAH, CHIKMAH (2015) Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Giving Question and Getting Answer pada Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
232108453 CHIKMAH NURHIDAYAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (3MB)
[img] Text
232108453 CHIKMAH NURHIDAYAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi iru membahas pembelajaran aqidah akhlak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh selama ini mata pelajaran aqidah akhlak sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat tidak disukai siswa MI kelas V Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan, karena dianggap pelajaran yang tidak penting, membosankan dan tidak tennasuk dalam mata pelajaran yang ikut UAN, tetapi guru harus bisa membawa siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah basil belajar Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan metode giving question and getting answer pada pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012?; 3) Bagaimanakah upaya meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak Materi Mengenal Allah Siswa Kelas V Ml Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 12 siswa putri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus Persentase Perubahan sebagai berikut: Post rate - Base rate -------xl 00% Percentage Change Base rate Hasil penelitian menunjukkan metode giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak tentang Mengenal Allah pada siswa Kelas V MI Muallimin Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 17,11%. Peningkatan sebesar 17, 11 % tersebut diperoleh dengan membandingkan nilai rata-rata kelas prasiklus dengan nilai rata-rata sikJus II. Bukti lainnya adalah ketuntasan klasikal pada prasiklus 29,83%, pada siklus I meningkat menjadi 62,96% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92,59% berarti dapat meningkatkan ketuntasan klasikal sebesar 62,76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMUSLIH, MOHUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:05
Last Modified: 26 Jul 2023 02:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item