Persepsi masyarakat terhadap mutu pendidikan TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan Wonopringgo Pekalongan

Maryam, Siti (2014) Persepsi masyarakat terhadap mutu pendidikan TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021210204 SITI MARYAM BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021210204 SITI MARYAM BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sekolah diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Dengan mengetahui kebutuhan dan kegiatan sekolah tersebut, masyarakat terdorong untuk bersedia bekerjasama dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas sekolah. Masyarakat sebagai pengguna jasa, maka pihak sekolah sudah seharusnya mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas sekolah. Persepsi tersebut menjadi masukan bagi TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan dalam memperbaiki program-program sekolah agar sesuał dengan harapan masyarakat. Adapun Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan Skripsi ini adalah bagairnana persepsi masyarakat terhadap mutu pendidikan TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan mutu pendidikan di TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan, (2) Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap mutu pendidikan di TK Muslimat Puton Sastrodirjan. Untuk jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian dilakukan di kancah kehidupan Yang sebenarnya. Pendekatan Yang digunakan adalah kualitatif dengan pengeumpulan data melalui obsewasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Mutu pendidikan TK Muslimat NIJ Puton Sastrodirjan dapat ditinjau dari kinerja kepala sekolah dan guru-gurunya dalam pengelolaan manajemen Yang meliputi input, proses, output dan outcome. Standar pendidikan Yang digunakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005. Persepsi masyarakat terhadap mutu pendidikan TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan terdapat dua jawaban: l) Persepsi masyarakat Yang positif (baik), yaitu persepsi masyarakat Yang mengatakan bahwa TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan benar-benar bermutu dan masyarakat merasa puas akan pelayanannya Yang diberikan. 2) Persepsi masyarakat Yang negatif (kurang baik), yaitu persepsi masyarakat Yang mengatakan bahwa TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan kurang bermutu, sehingga perlu diadakan perubahan dan perbaikan dalam kinerja sekolah. Mutu pendidikan TK Muslimat NU Puton Sastrodirjan Yang harus dipertahankan adalah penambahan jam pelajaran, output peserta didik Yang sudah mempunyai keterampilan baca tulis, dan pengelolaan manajemen keuangan Secara jujur dan transparan. Sedangkan Yang harus diperbaiki adalah: l) Sifat diantara guru ada Yang tidak mau menerima kritikan dari luar- 2) Kedisiplinan kehadiran dan berpakaian seragam guru belum dilaksanakan. 3) Kemandirian dan bicara anak Yang kuran sopan (jorok). 4) Belum adanya tempat parkir bagi wali murid Yang mengantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Mutu Pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:58
Last Modified: 17 Jul 2023 02:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item