Masrur, Masrur (2014) Pengaruh Penggunaan Media Chart Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VI SD Negeri O1 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
232308002 MASRUR BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (6MB) |
|
Text
232308002 MASRUR BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Keberhasilan prestasi belajar ini tidak terlepas dari penggunaan metode pembelajaran berupa media chart pada mata pelajaran PAI. Metode pembelajaran media chart adalah suatu media pengajaran yang penyajiannya secara diagramatik dengan menggunakan lambang-lambang visual untuk mendapatkan sejumlah informasi yang menunjukk:an perkembangan ide, obyek, 1embaga, orang, keluarga ditinjau dari sudut waktu dan ruang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media chart bagi siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang? Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang? Bagaimana pengaruh penggunaan media chart terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri O 1 Samong Kecamatan Ulujarni Kabupaten Pemalang?. T.ujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media chart bagi siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong, untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media chart terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong. Kegunaan penelitian memberikan informasi cara meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan media chart di SD Negeri 01 Samong Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regersi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan media chart bagi siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang adalah sangat baik. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai persentase angket tentang penggunaan media chart (Variabel X) sebesar 83,01 % berada pada interval 81,25 % ~ 100 % yang berarti berada pada kategori sangat baik. Kedua, Prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri O 1 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang adalah baik. Hal ini dapat ditunjukkan dari patokan nilai rapot siswa maka nilai rata• rata prestasi belajar PAI siswa (Variabel Y) sebesar 81 termasuk dalam interval skor 71 - 85 yang berarti dalam kategori baik, Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan media chart terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan basil ttcst = 0,742 dengan N = 51. Pada tingkat signifikan 1% nilai tmbcl = 0,368 maka ttcst > 1:iabe1 = 0,742 > 0,368. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 0,284 maka ttcst > ttabel = 0,742 > 0,284, maka Ho ditolak clan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan media chart terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VI SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Chart dan Prestasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:05 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3358 |
Actions (login required)
View Item |