Pengaruh hasil belajar mata pelajaran akhlak terhadap perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal

Amalia, Amalia (2015) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran akhlak terhadap perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021211017 AMALIA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Other (Thesis)
2021211017 AMALIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Akhlak sebagai salah satu pelajaran yang diberikan di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Bertujuan agar peserta didik memiliki akhlak yang baik,beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Pelajaran Akhlak merupakan suatu hal yang harus dimiliki umat Islam, khususnya peserta didik harus di ajarkan Akhlak agar mengerti ajaran-ajaran Islam sena perilaku-perilaku yang baik. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan profesionalitas dalam bidangnya. Khususnya guru PAI harus mampu memberikan wawasan materi atau menguasai bahan yang diajarkan, membimbing dan mengarahkan anak didiknya kepada hal yang baik. Rumusan masalah : Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Akhlak kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Bagaimana perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Adakah pengaruh hasil belajar mata pelajaran akhlak dengan perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Maka tujuan diadakan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Untuk mengetahui perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal. Untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar dengan perilaku siswa kelas XI di SMAMuhammadiyah 3 Comal. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 17.0. Untuk menguji kebenaran hipotesa tersebut adalah dengan jalan membandingkan nilai r hitung dengan nilai r tabel pada tarafsignifikan 0,05. Pada tingkat kesalahan 0,05 r tabel = 0,3061, maka HO diterima dan Ha ditolak. Semakin baik hasil belajar pelajaran akhlak maka perilaku siswa akan semakin meningkat. Dengan melihat nilai r tabel tersebut maka nilai r hitung 0,110 < nilai r table 0,3061 yang berarti menunjukkan ada pengaruh yang cukup Signifikan. Berdasarkan data di atas, hipotesa yang penulis ajukan dapat di terima, yang berarti Ha dapat ditolak sedangkan HO diterima. Dengan demikian kesimpulannya adalah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akhlak terhadap perilaku siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Comal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Akhlak, Perilaku Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:49
Last Modified: 18 Jul 2023 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item