Pendidikan agama islam sebagai upaya membentuk karakter anak: di TK Muslimat NU Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Ningrum, Dian (2015) Pendidikan agama islam sebagai upaya membentuk karakter anak: di TK Muslimat NU Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109094 DIAN NINGRUM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
202109094 DIAN NINGRUM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lahirnya era globalisasi dipenghujung millennium kedua ini telah membuka wawasan dan kesadaran masyarakat yang diikuti dengan munculnya sejumlah harapan dan kecemasan. Harapan dan kecemasan tersebut merupakan konsekuensi logis dari adannya perubahan nilai, identitas, kepribadian, pola pikir, serta kepentingan dan keyakinan sebagai wujud terakumulasi dan teradaptasi budaya heterogenitas secara global tanpa adanya sekat-sekat. Melihat hal tersebut, menjadi kehawatiran tersendiri bagi orangtua dan masyarakat mengenai kehidupan anak-anak dimasa sekarang maupun masa yang akan dating. Hal ini mencerminkan bahwa tantangan masa kini dan masa depan, terutama yang menyangkut kebutuhan hidup secara moril agamis maupun materiil dan sebagai factor yang mempengaruhinya telah menduduki tempat teratas dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini mengangkat permasalahan; Bagaimana Pola Pendidikan Agama Islam sebagai upaya membentuk karakter anak di TK Muslimat NU Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola Pendidikan Agama Islam sebagai upaya membentuk karakter anak di TK Muslimat NU Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan tentang pola Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunak:an pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa infonnasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran, sehingga memperoleh gambaran ataupun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Jadi bentuk analisis ini merupakan penjelasan-penjelasan bukan berupa angka-angka statistik atau bentuk angka lainnya. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.Hasil penelitian menujukkan bahwa pola Pendidikan Agama Islam sebagai upaya membentuk karakter anak di TK Muslimat NU Jrebengkembang dibentuk melalui komponen-komponen pendidikan yang meliputi pertama; kurikulum, kedua; pendekatan, ketiga; model pembelajaran, kempat; metode pembelajaran;kelima; teknik penilaian. Di TK Muslimat NU Jrebengkembang menjadikan Pendidikan Agama Islam sebagai sumber dasar untuk membentuk karakter anak. Nilai-nilai Agama Islam diintegrasikan dengan komponen-komponen sistem pendidikan di TK Muslimat NU Jrebengkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola, Pendidikan Agama Islam, Karakter Anak TK
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:46
Last Modified: 27 Jul 2023 03:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item