Penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang

Minarsih, Minarsih (2015) Penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109217 MINARSIH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
202109217 MINARSIH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar peserta didik. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Pembelajaran tematik membantu siswa dalam memahami dan menerapkan sebagian mapel yang memiliki kesamaan dalam suatu tema sehingga menjadikan suasana pembelajaran tersebut lebih menyenangkan. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang? Bagaimana kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang? Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penerapan pernbelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik MI Salafiyah Sengon Subah Batang, Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan ternatik bagi peserta didik di MI Salafiyah Sengon Subah Batang dengan landasan teori tentang pembelajaran tematik. Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai pembelajaran tematik bagi peserta didik di MI Salafiyah Sengon Subah Batang dilakukan pada lima mata pelajaran yakni PKn, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dengan alokasi waktu 1 minggu atau setara dengan 6x35 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kreatifitas Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:34
Last Modified: 31 Jul 2023 07:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item