Upaya meningkatkan hasil belajar fiqih materi sholat jum'at dengan metode card sort siswa kelas VII a Mts Ribatul Muta'allimin Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015

Komarudin, Achmad (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar fiqih materi sholat jum'at dengan metode card sort siswa kelas VII a Mts Ribatul Muta'allimin Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202109266 ACHMAD KOMARUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
202109266 ACHMAD KOMARUDIN BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skipsi ini dilatarbelakangi penggunaan metode yang kurang tepat dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru dalam menyampaikan materi terkadang menggunakan metode yang kurang tepat sehingga menjadikan peserta didik merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan basil belajar fiqih materi sbolat jum'at bagi siswa kelas VII A MTs Ribatul Muta'allimin Pekalongan Tabun Pelajaran 2014/2015, Bagaimana basil belajar fiqih materi sholat jum'at kelas VII A di MTs Ribatul Muta'allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode Card Sort per siklusnya, dan Apakah penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan basil belajar fiqih materi sholat jum'at bagi siswa kelas VII A di MTs Ribatul Muta'allimin. Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetabui penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih bagi siswa kelas VII A di MTs Ribatul Muta'allimin Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Peneliti melalukan penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian tindakan kelas ini dipilih model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mengenai basil dari tindakan-tindakan pada siklus sebelumnya. Hasil penelitian kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Card Sort berdampak sangat positif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang dilaksanakan, yaitu siklus I (73,7%), siklus II (94,7%). Dengan nilai rata-rata pada siklus I (75,53) dan siklus II (84,47).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Card sord, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:20
Last Modified: 04 Aug 2023 03:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item