Hanimah, Maulida (2018) Dampak penerapan kurikulum muatan lokal berbasis Kitab Kuning terhadap ketaatan beragama siswa kelas VI MI Salafiyah Simbang Kulon 02 Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Muatan Lokal adalah salah satu kurikulum yang di ajarkan di lembaga pendidikan. Penetapan mata pelajaran dalam muatan lokal ini bergantung pada keadaan daerah karena fungsi muatan lokal sendiri adalah untuk membekali siswa nya agar bisa mengembangkan potensi yang dimiliki daerahnya. Hal ini membuat muatan lokal yang diterapkan di setiap lembaga pendidikan berbeda. Salah satunya adalah penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning yang dilaksanakan di MI Salafiyah Simbang Kulon.Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana dampak penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning terhadap ketaatan beragama siswa kelas VI MI Salafiyah Simbang Kulon 02. Kedua,apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning di MI Salafiyah Simbang Kulon. Tujuan penelitian ini yaitu, pertama, untuk mendeskripsikan dampakpenerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning terhadap ketaatan beragama siswa kelas VI MI Salafiyah Simbang Kulon 02 dan Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning di MI Salafiyah Simbang Kulon. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning secara tidak langsung memberi dampak positif pada pada keshalehan ritual, seperti meningkatkan ketaatan siswa untuk menjalankan sholat lima waktu dan membaca al-Qur’an. Selain itu, penerapan kurikulum ini juga meningkatkan motivasi siswa berperilaku terpuji, seperti bersikap jujur dan disipilin. Namun, penerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning ini tidak berdampak pada keshalehan sosial seperti kepedulian untuk menjaga kebersihan. Kedua, faktor pendukungpenerapan kurikulum muatan lokal berbasis kitab kuning adalah Ciri khas Madrasah Salafiyah, adanya guru yang berkompetensi dalam bidang kitab kuning, kitab kuning memberikan manfaat bagi siswa, lingkungan masyarakat yang religius sedangkan faktor penghambatnya adalah perkembangan media, minat siswa yang rendah, metode pembelajaran kurang variatif, dan kurangnya alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Muatan Lokal, Kitab Kuning, Ketaatan Beragama Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 09 May 2020 22:58 | ||||||||
Last Modified: | 09 May 2020 22:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
View Item |