Korelasi Antara Kedisiplinan Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014

Nasirin, Muhammad (2014) Korelasi Antara Kedisiplinan Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311163 MUHAMMAD NASIRIN BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021311163 MUHAMMAD NASIRIN FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak hal yang mempengaruhi basil belajar dalam proses pembelajaran, peranan guru sebagai pelaksana pembelajaran perlu meningkatkan profesionalism.enya dalam hal kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama kedisiplinan. Dengan kata lain kedisiplinan merupakan salah satu syarat agar basil belajar siswa siswa di sekolah menjadi baik, Selain itu !disiplinan guru juga merupakan suatu rangsangan bagi siswa agar lebih disiplin am belajar. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan alah: l) bagaimana kedisplinan guru MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan?2)bagaimana motivasi belajar siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabllfaten Pekalongan?3) bagaimana korelasi antara kedisplinan guru dengan motivapi belajar siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1 )untuk mengetahui kedisplinan guru MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan 2)untuk mengetahui motivasi belajar siswa Ml~ Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan 3)untuk mengetahui korelasi antara kedisplinan guru dengan motivasi belajar siswa MIS Kadipaten Wiradesa Ktupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: l)Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang ~didikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi MIS Kadipate~ Kabupaten Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. Metode Penelitian, meliputi desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan penelitiannya adalah penelitian lapangan. P<>pulasi dari penelitian ini adalah 214 siswa kelas MIS Kadipaten. Teknik penlan datanya adalah observasi, interview, dokwnentasi dan angket, dengan • • analisis statistik menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian: l )kedisiplinan guru sudah baik, di uktikan dengan nilai rata-rata basil angket tentang kedisiplinan guru MIS Kadipaten adalah 68,76, nilai ini terletak pada interval persentase nilai 68~5-72,4 yang artlnya balk 2) Motivasi Belajar Siswa MIS Kadipaten adalah baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata basil angket tentang motivasi belajar siswa MIS Kadipaten adalali 66,46, skor rata-rata ini terletak pada interval rata-rata skor 66,5-69,4 yang ~ya Baik., dan 3) kedisiplinan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terbadap motivasi belajar siswa MIS Kadipaten. Dari basil perhitungan = 0,483 = I fb I, maka I rbl = 0,483 Pada tingkat kesalahan 5% rt= 0,284, berarti I l'b I> ft, m a Ho ditolak dan Ha diterima.Pada tingkat kesalahan 1 % ft = 0,368, berarti I l'b ~r., maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian bailc pada taraf signi 5% maupun 1 % kesimpulanya sama. Sesuai dengan hipotesis yang pen • s ajukan "Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap moti.vasi belajar siswa MIS Kadipaten" terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:54
Last Modified: 14 Aug 2023 08:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item