Strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Faza, Wildan (2016) Strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111206 WILDAN FAZA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Text
2021111206 WILDAN FAZA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al Qur'an hadits merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di madrasah ibtidaiyah dan menjadi salah satu mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), selain itu al qur'an dan hadits merupakan pandangan hidup bagi setiap muslim dan sekaligus juga merupakan sumber hukum islam. Oleh karena itu, keduanya harus dimengerti dan diamalkan. Salah satu cara untuk mengerti dan memahami keduanya adalah melalui pendidikan dan pengajaran, sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran agar peserta didik dapa menerima dan memahami inti dan tujuan pembelajaran dengan maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dan tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan, bagaimana penerapan strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan, serta faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat menambah khazanah keilmuan khususnya tentang strategi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan menyimpulan (verifikasi) data. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan sangat bervariasi dan juga dilakukan dengan langkah -langkah yaitu menentukan tujuan pembelajaran, memilih sistem pendekatan pembelajaran, menentukan prosedur metode dan teknik pembelajaran dan melakukan evaluasi. (2) Dalam penerapan strategi pembelajaran al qur'an hadits dipadukan beberapa metode pembelajaran satu dangan yang lain. (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran al qur'an hadits kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan adalah guru, sarana prasarana, siswa, materi, lingkungan, dan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Al Qur'an Hadits
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:13
Last Modified: 16 Aug 2023 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item View Item