Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan

Robbiyati, Nadia Dina. (2019) Korelasi antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian yang dilatar belakangi oleh kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin canggih, sehingga memberi banyak dampak positif dan negatif di dalamnya. Perkembangan ini juga sangat mempengaruhi dunia pendidikan yang mana dengan banyaknya tontonan yang tersebar luas dimedia masa dan dunia maya ini terkadang membuat semangat belajar dan perilaku siswa menurun. Hal ini juga yang membuat perlunya meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa dalam belajar di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan yang mana berdasarkan survei sementara terlihat perlunya meningkatkan motivasi belajar siswa dan kedisiplinan belajar siswa di sekolah guna meningkatkan mutu sekolah dan kepribadian siswa itu sendiri. Berdasarkan uraian di atas, maka didapat rumusan masalah sebagai berikut 1) Seberapa besar motivasi belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan? 2) Seberapa besar kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan? 3) Seberapa besar korelasi antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan 2) Untuk mengetahui seberapa besar kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan 3) Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan kuatitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang mana dalam peyebaran angket ini dibagikan kepada 66 siswa yang terdapat pada 6 kelas, yang mana masing-masing kelas hanya 11 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Adapun data yang telah terkumpul dihitung dan dianalisis dengan beberapa tahap. Pertama, tahap analisis pendahuluan, pada tahap ini data yang sudah terkumpul dicari rata-ratanya menggunakan rumus mean, kemudian mencari standar deviasi menggunakan rumus skala lima dari Grounlound untuk kemudian menentukan kategori data. Kedua, analisis lanjutan, pada tahap ini data yang sudah didapat kemudian dihitung menggunakan rumus korelasi product moment. Ketiga, analisis uji hipotesis, pada tahap ini setelah data dihitung dengan rumus korelasi product moment, kemudian hasil yang didapat dari hasil hitung manual maupun dengan spss dibandingkan guna menentukan hasil hipotesis mana yang diterima. Hasil penelitian jika dilihat dari hasil angket motifasi belajar siswa yang dibagikan pada 66 siswa, rata-rata siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan memiliki nilai 78,65, dengan kategori cukup. Sedangkan hasil angket kedisiplinan belajar siswa yang dibagikan, rata-rata siswa MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan memiliki nilai 79,89 dengan kategori sedang. Setelah melalui tahap analisi pendahuluan kemudian masuk ke tahap analisis lanjutan dengan menggunkan rumus korelasi product moment. Dari hasil hitung manual menggunakan rumus korelasi product moment mendapatkan hasil rxy 0,83, dan dari hasil spss yaitu 0,836 yang kemudian diuji hipotesisnya dengan membandingkan rtab dengan rhit. Jika rhit > rtab maka Ho diterima. Diketahui bahwa rhit 0,83 dan rtab 0,31. Maka 0,83> 0,31. Kemudian membandingkan hasil spss dengan rtab dimana 0.836 > 0,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan. Selain itu diuji melalui taraf signifikansi, dimana jika sig <α maka Ha diterima. Diketahui bahwa 0,000 < 0,05 dan 0,000 < 0,01, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara motivasi belajar siswa dengan kedisiplinan belajar siswa di MIS Wonoyoso Buaran Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kedisiplinan belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 09 May 2020 23:25
Last Modified: 09 May 2020 23:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item