Ulya, Vina Himatul (2018) Pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa Kelas IV di Madarasah Salafiyah Ibtidaiyah (MSI) 02 Keputran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
MSI 02 Keputran Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang baru menerapkan kurikulum 2013 pada awal semester satu tahun ajaran 2017/2018. Kurikulum 2013 sebagai hasil pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang dalam pembelajarannya lebih menekankan pada keaktifan siswa, dengan standar proses menggunakan pendekatan ilmiah dan penilaian otentik dijadikan pemerintah sebagai salah satu cara untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional. Kurikulum 2013 diharapkan mampu menciptakan siswa yang aktif, kritis mandiri dan berkarakter, untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan kurikulum 2013 di kelas IV MSI 02 Keputran Pekalongan?, Adakah pengaruh antara penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa? Dan seberapa besarkah pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa? Penelitian ini bertujun untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dalam bidang pendidikan khususnya dalam penerapan kurikulum 2013. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik uji hipotesis dan uji t dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Data penelitian ini diperoleh dari dua kuesioner tertutup yang terdiri atas 30 butir soal dan dibagikan kepada 33 responden. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata (mean) penerapan kurikulum 2013 sebesar 74,09 dan nilai rata-rata (mean) keaktifan belajar siswa sebesar 70,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan berada dalam kategori baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan berada dalam kategori cukup baik. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung = 8,885 > t tabel = 1,695 dengan df 31. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV MSI 02 Keputran Pekalongan yaitu sebesar 72,1%. Dan 27,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Keaktifan Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 09 May 2020 23:44 | ||||||||
Last Modified: | 09 May 2020 23:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/359 |
Actions (login required)
View Item |