Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan

Masruhan, Masruhan (2019) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecakapan, keterampilan atau kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran, terutama guru PAI di SMPN 11 Pekalongan. Kompetensi pedagogik guru dianggap sebagai salah satu faktor keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Didalam kompetensi pedagogik, setidaknya memiliki beberapa komponen yang harus dikuasai oleh seorang guru yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, pengelolaan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang efektif, kondusif dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan akan membawa siswa pada tahap belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMPN 11 Pekalongan?, (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di SMPN 11 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAI di SMPN 11 Pekalongan, (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di SMPN 11 Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik reduksi data, display atau sajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru PAI di SMPN 11 Pekalongan dalam pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya, secara keseluruhan sudah baik. 2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik di SMPN 11 Pekalongan yaitu dengan cara aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah yang berupa rapat guru, diklat, bimbingan teknis, MGMP PAI, serta dengan melakukan upaya pengembangan diri melalui belajar mandiri dengan cara membaca buku dan/atau mencari informasi melalui internet yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 22 Apr 2020 07:09
Last Modified: 05 May 2020 22:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item