Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan TahunAjaran 2018/2019”.

Umri, M. Tsabidil. (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan TahunAjaran 2018/2019”. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran STAD adalah model pembelajaran yang menerapkan pembagian kelompok kecil di dalam kelas yang heterogen. Model pembelajaran ini mengacu kepada belajar kelompok yang menjadikan informasi akademik baru kepada peserta didik menggunakan presentasi verbal atau teks. Guru kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dalam proses pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif khususnya kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)mengingat matapelajaran IPS bertujua nmembekali siswa dengan kemampuan untuk memecahkan masalah pribadi atau sosial.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap matapelajaran IPS siswakelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan TirtoKabupaten Pekalongan, bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data statistik dengan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan sebesar 56 berada di interval 56-58 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas III di MI Salafiyah Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 74 berada pada interval 71-85 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan dengan bantuan program SPSS 21 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,290 atau sebesar 29%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 29%, sedangkan sisanya 71% variabel Y dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel X.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehudin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 09 May 2020 23:50
Last Modified: 09 May 2020 23:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item