Metode pembelajaran dalam Al Qur'an alat untuk mencapai tujuan pendidikan islam

Khotimah, Nur (2016) Metode pembelajaran dalam Al Qur'an alat untuk mencapai tujuan pendidikan islam. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202309270 NUR KHOTIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
202309270 NUR KHOTIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah bimbingan yang dilakukan oleh orang dewasa kepada tentidik dalam masa pertumbuban agar ia memiliki kepribadian yang Islami, Pendidikan disini mencakup pengajaran umum dan pengajaran agama, yang didasari dengan langkah-Jangkah mengajar yang disebut dengan metode pembelajaran. Dalam Al-Qur'an dan Hadits dapat ditemukan berbagai metode pembeJajaran yang sangat menyentuh perasaan, mendidik jiwa, dan membangkitkan semangat, dan juga mampu menggugah puluhan ribu Muslimin untuk membuka bati umat manusia menerima tuntunan Allah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembeJajaran yang ada dalam Al-Qur'an? (2) Bagaimana tujuan pendidikan Islam daJam Al-Qur'an?. Adapaun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (l) Untuk mengetabui macam-macam metode pembelajaran yang ada dalam AI-Qur'an (2) Untuk mengetahui tujuan pendidikan Islam dalam Al-Qur'an, Kegunaan penelitian, secara teoritis, sebagai sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan. Secara praktis, menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang metode pembelajaran dalam Al-Qur'an. Pendekatan metode penelitian meaggunakan pendekatan kualitarif karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pemyataan. Jenis I penelitian adalah penelitian kepustakaan (Library reseachs; yaitu memperoleh data buku-buku yang ada kaitannya dengan pemasalahan. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan metode penelusuran kepustakaan. Sedangkan metode ana1isa datanya dengan Metode Analisis Deskriptif. Kualitatif dan Analisis isi (Content Analysis) Hasil penelitian ini menunjukkan banyak sekali Metode Pembelajaran Al Qur'an diantaranya adalah: Metode cerita, Ceramah, Tanya jawab (biwar) atau dialog, Perumpamaan atau metafora, Metode hukuman dan ganjaran, Metode Pembiasaan, Metode Keteladanan, serta Metode Ibrah Mauidhah. Sedangkan Tujuan pendidikan Islam dalam Al Qur'an, yaitu Tujuan Pendidikan Jasmaniah, Tujuan Pendidikan Rubani, Tujuan Pendidikan Mental, dan Tujuan Pendidikan Sosial. Dengan semua kelemahan dan kelebihan beberapa metode pembelajaran dalam Al Qur'an, maka Pendidik dapat menggunakan metode-metode tersebut dalam menyampaikan materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuban dan mengacu kepada tujuan dari Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobi, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tujuan Pendidikan, Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:40
Last Modified: 01 Sep 2023 02:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item