Efektivitas penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan

Izati, Eka Nurul (2018) Efektivitas penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan dirasa masih ada kelemahan.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih metode membaca yang kreatif.Media yang digunakan juga belum bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik dalam pembelajaran membaca siswa kelas 2 MSI Medono Pekalongan?, 2) apakah metode Struktural Analitik Sintetik efektif dalam meningkatkan keterampilan membeca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan metode SAS dalam pembelajaran membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan, untuk mengetahui efektivitas metode SAS dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan pendekatan penelitian eksperimen kuasione group pretest-posttest design.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan dengan jumlah 33 siswa.Pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh.Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan non-tes (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan teknik uji analisis non-parametrik wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS di kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan dapat menumbuhkan rasa bersemangat siswa dalam pembelajaran membaca, karena metodenya yang menarik dan bervariasi dengan mengunakan periode tanpa buku kemudian periode dengan buku, dan dilengkapi dengan penggunaan gambar-gambar, sehingga membuat siswa tidak pasif ketika pembelajaran, selain itu juga adanya penerapan tiga aspek, yaitu struktural (menampilkan kalimat secara menyeluruh), analitik (proses analisis kalimat menjadi kata, suku kata, hingga menjai huruf-huruf terpisah), sintetik (proses menjadikan kalimat yang terpecah menjadi kalimat utuh). Dengan penerapan tiga aspek tersebut dapat menjadikan siswa paham untuk membedakan mana yang termasuk kata, suku kata, dan kalimat. Kemudian efektivitas metode SAS dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dapat dilihat dari hasilnilai rata-rata kelas pretest 66,15,sedangkanhasil nilai rata-ratanilai rata-rata kelasposttestmencapai72,24. Selain itu dari hasil uji analisis wilcoxon diperoleh data akhir yang menunjukkan nilai Zhitung = -5.045 dengan Asymp.Sig. (2-tailed)= 0,000 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis berbunyi metode Struktural Analitik Sintetik efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan.Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MSI 14 Medono Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Membaca Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 10 May 2020 00:20
Last Modified: 10 May 2020 00:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item