Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran kosakata bahasa arab (studi kasus siswa kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan)

Azza, Itsna Mir'atul (2014) Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran kosakata bahasa arab (studi kasus siswa kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202509031 ITSNA MIR_ATUL AZZA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
202509031 ITSNA MIR_ATUL AZZA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media visual merupakan salah satu media yang mengandalkan indra penglihatan (mata) pada saat terjadi proses belajar mengajar dimana siswa diharapkan lebih mudah dalam memahami atau mengingat tentang materi kosakata bahasa arab yang di ajarkan oleh guru. Media visual yang berupa gambar sangat mudah, praktis, mudah didapat, dan harganya murah. Pembelajaran kosakata bahasa Arab di Madrasah Salafiyah lbtidaiyah O1 Kauman Pekalongan, guru pengampu terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa arab kepada siswa dengan harapan siswa mempunyai kemampuan atau keterampilan berbahasa yang baik. Melalui penggunaan media visual tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat peserta didik dan memberikan pemahaman kosakata Bahasa Arab dengan basil yang maksimal pada siswa kelas 3 Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah O 1 Kauman Pekalongan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:Bagaimana penggunaan media visual dalam bahasa Arab di kelas 3 Madrasah Salafiyah ibtidaiyah 01 Kauman Pekalongan?, Bagaimana pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dikelas 3 Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah O1 Kauman Pekalongan?, Bagaimana efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran Kosakata Bahasa Arab?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuanlitatif.Adapun metode pengumpul data yang digunakan adalah : metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa penggunaan media visual efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas 3 MSI 01 Kauman Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan adanya korelasi positif yang cukup kuat antara penggunaan media visual (variable x ) dengan pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas 3 (variable y) karena nilai rxy sebesar 0,632 terletak pada interval 0,41-0,70 yang berarti antara variable x dan y terdapat korelasi yang cukup kuat. Selain itu In = 0,632 lebih besar pada Ts 5% maupun 1 % yang berarti bahwa terdapat keefektivan antara penggunaan media xi visual dengan pembelajaran kosakata bahasa arab siswa kelas 3 MSI OI Kauman Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Visual dan Kosakata Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:48
Last Modified: 04 Sep 2023 02:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item